Cara membuat pending order pada client terminal MT4

Cara membuat pending order pada client terminal MT4 – Tidak selamanya seorang trader bisa duduk berlama-lama di depan komputer / laptop-nya meskipun dengan alasan sedang trading. Hal ini dimungkinkan karena adanya keperluan tertentu yang sifatnya mendesak, baik keperluan pribadi maupun keperluan keluarga. Memang benar jarang trader yang bekerja namun bagi sebagian kecil trader yang kebetulan bekerja pada institusi tertentu, panggilan si bos akan menjadi penyebab hilangnya kesempatan untuk entry market. Jikalau ini terjadi pada diri kita sebagai seorang trader, kita bisa melakukan satu dari beberapa kemungkinan berikut ini:

  1. Meninggalkan komputer atau laptopnya demi keperluan tersebut;
  2. Tidak mengindahkan keperluan tersebut dan tetap berkutat di depan komputer demi menunggu kesempatan entry market yang sesuai dengan trading strategy yang dimiliki;
  3. Memasang pending order pada harga dimana kira-kira kesempatan entry market akan ada, kemudian meninggalkannya demi menyelesaikan keperluan tersebut;
  4. dan seterusnya…

Jika kita memilih point 3 tersebut diatas, tentunya kita akan menentukan jenis pending order yang akan kita gunakan,  mengukur berapa pips dari running price kita akan meletakkannya, berapa besar lot yang akan kita order, dan kemudian mengirimkannya ke broker server menggunakan client terminal MT4 milik kita.

Menentukan jenis pending order

Pending order ada 4 jenis, yaitu:

  1. Buylimit: yaitu pending order yang harganya lebih rendah dari running price dan jika harga terus turun dan menyentuhnya, maka order tersebut akan tereksekusi menjadi order buy;
  2. Selllimit: yaitu pending order yang harganya lebih tinggi dari running price dan jika harga naik terus dan menyentuhnya, maka order tersebut akan tereksekusi menjadi order sell;
  3. Buystop: yaitu pending order yang harganya lebih tinggi dari running price dan jika harga terus naik dan menyentuhnya, maka order tersebut akan tereksekusi menjadi order buy;
  4. Sellstop: yaitu pending order yang harganya lebih rendah dari running price dan jika harga turun terus dan menyentuhnya, maka order tersebut akan tereksekusi menjadi order sell.

Ini tentu ada hubungannya dengan trading strategy kita mau pilih pending order mana yang akan kita gunakan.

Mengukur berapa pips jarak pending order dari running price

Ini berkaitan pula dengan trading strategy yang kita gunakan, meskipun demikian, broker juga memberi batasan tertentu tentang berapa pips jarak pending order dari running price diperbolehkan. Sebagian broker membatasi minimal 10 pips dari running price satu pending order boleh dilakukan, sebagian yang lain bahkan lebih besar lagi. Silahkan bijaksana dalam memilih broker untuk mendapatkan kondisi trading yang sesuai dengan trading strategy yang dimiliki. Sepengetahuan Qi Bug, recommended broker adalah RoboForex, namun ini pun berpulang pada keputusan masing-masing trader dan bukan hak Qi Bug untuk memaksakan broker mana yang akan dipakai.

Menentukan besar lot yang akan di order

Tidak ada ketentuan pasti berapa besarnya lot yang bisa di order namun kebanyakan trader-trader yang sudah senior dan tradingnya “santai” tidak akan mengorder lot yang besarnya melebihi 3% dari kemampuan margin account yang dimilikinya.

Mengirimkan pending order ke server broker

Kecuali kita adalah trader pemula, mengirimkan pending order ke server broker bukanlah hal yang sulit. Caranya yaitu sebagai berikut ini:

  1. Buka client terminal MT4;
  2. Klik “New Order” atau tekan “F9” atau kilk kanan chart –> “Trading” –> “New Order”;
  3. Pilih “Pending Order” dari dropdown “Type” pada jendela “New order” yang terbuka;
  4. Tentukan lotsize, symbol, type pending order, harga pending order, dan lain-lain property dari pending order, dan kemudian klik”Place”

Demikian yanq Qi Bug bisa persembahkan, mohon maaf bila ada kekurangan, dan terima kasih banyak atas kesediaannya membuang waktunya membaca artikel Qi Bug yang berjudul Cara membuat pending order pada client terminal MT4.

 

 

 

This entry was posted in MT4, Petunjuk Penggunaan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Rate this entry
Share this entry


Leave a Comment